Tertawa Itu Sehat


Mungkin kita tidak sadar, tertawa itu banyak fungsinya secara fisik dan psikologi (emosional). Dengan tawa tidak hanya terkait dengan ekspresi wajah, tetapi juga menyebabkan sejumlah perubahan kimia dalam tubuh kita. Derai tawa yang baik membantu pengeluaran enzim dan hormon bermanfaat untuk membantu fungsi normal dalam tubuh kita. Hal ini disebabkan adanya hubungan antara tertawa dan stimulasi otak dan kelenjar yang berbeda dalam tubuh.

Dengan tertawa meningkatkan tubuh melepaskan antihistamin alami, mengaktifkan T-sel yakni anti-biotik alami yang diproduksi dalam tubuh kita. Dengan demikian meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi untuk mencegah berbagai penyakit dalam sistem organ tubuh manusia.

Dengan tertawa dapat mengurangi kadar hormon tertentu dalam tubuh, seperti kortisol, epinephrine dan dopac, yang berhubungan dengan respon daya stres. Maka dari itu dengan tertawa membantu meringankan stres, depresi, kecemasan, kesedihan dan kemarahan. Tertawa juga mengurangi rasa sakit dengan melepaskan hormon, endorfin.
Dengan tertawa terbukti sangat bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi karena tertawa dapat membantu menurunkan tekanan darah ke aktifitas normal. dengan tawa menyebabkan pernapasan lebih dalam dan peningkatan aliran darah, karena oksigen dan nutrisi penting yang dipasok ke seluruh bagian tubuh manusia.

Banyak hal lain yang cukup penting dalam tawa seperti halnya memudahkan kita menghadapi tantangan yang berbeda dalam kehidupan kita yang sangat berkaitan erat dengan fungsi kinerja otak terkait dengan pernafasan (mengalirnya oksigen) melalui tertawa. Oleh sebab itu tak heran juga banyak yang menerapkan dan meneliti tawa itu menjadi sebuah terapi khusus tawa. Beberapa hal  lain dari tawa dapat  menyembuhkan beberapa penyakit seperti hipertensi, maag, rematik, stroke, diabetes dan bahkan penyakit jantung, karena keterkaitan dengan fungsi otak sebagai pusat kontrol darah dalam tubuh kita. Selain itu, tertawa dapat menjadi relaksasi yang baik dalam mengurangi stres dan depresi. Hal ini meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah sejumlah penyakit dalam tubuh kita.

Ditinjau dari sudut psikologi (emosional), dengan tertawa juga bisa meningkatkan tingkat percaya diri, memberikan kekuatan mental untuk menghadapi konflik dan tantangan dalam hidup, membantu kita keluar dari rasa cemas dan depresi, memudahkan kita melupakan ketegangan dalam  kehidupan kita sehari-hari.

Dari sudut sosial, dengan tertawa juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, meningkatkan jalinan kebersamaan, meningkatkan minat dalam aktivitas sehari-hari, menambah semangat, dan banyak hal-hal lain yang saat bermanfaat dalam hal tawa dalam arti positif. 

Salam tawa dan semangat mejuah-juah !!!

No comments:

Post a Comment