Mejuah Juah


Mejuah-juah merupakan salam khas bagi orang karo, sama halnya dengan kata "Halo". Selain daripada itu, kata mejuah-juah juga dipakai sebagai kata sapaan pembuka dan penutup saat melakukan percakapan. Dan umumnya untuk kata penutup biasanya di padukan dengan kata "Bujur" yang artinya adalah terima kasih (contohnya : demikian kata ini kami sampaikan, bujur dan mejuah-juah).

Menyangkut kultural kata "Mejuah-juah"  itu sendiri  bisa diartikan adalah mujur, sejahtera, sehat, lengkap dan lain sebagainya menyangkut sisi baik dalam kehidupan masyarakat karo. 

Sehuhungan dengan itu, bila dikaitkan dengan "Lagu Mejuah-juah" yang di karang oleh (alm) Djaga Depari (1922-1963). Lagu ini bermakna sebagai ungkapan kemujuran dalam berkehidupan khususnya orang karo. Dan umum sekali lagu ini di nyanyikan dimana saja sebagai ungkapan terima kasih atas segala hal, baik menyangkut kehidupan, kesuksesan sebuah moment-moment adat serta moment lain sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. 


Inilah syarit lagu "Mejuah-juah"

mejuah-juah kita kerina
nande bapa mulia
rikut ken tuah sangap karina
nangtang singalah-ngalahna
rikut ken tuah sangap kerina
nangtang singalah-ngalahna

Syair diatas mendoakan semua orang tua mendapatkan rejeki yang sesuai dan tanpa ada penyakit.

ibas kita pulung pulung metunggung
arihta pe ola rayung
singuda denga ras simetua 
nangtang kerina rogana
singuda-nguda ras anak perana
lampas jumpa atena ngena

Syair diatas menyatakan bawah saat kita berkumpul janganlah ada kata tidak sepakat, baik yang muda maupun yang sudah tua. Seterusnya mendoakan agar muda-mudi segera mendapatkan jodoh sesuai dengan hati. 

namepe rejeki bage
kini malemen bage
nese mesui ate
ras kitik ukur baga

Syair diatas mendoakan agar mendapat rejeki dan hati yang gembira, seterusnya kalau ada penyakit dan sakit hati segeralah hal tersebut hilang disaat yang sama dan seterusnya

ngayo tendinta njujuri dibata
berena sangap man banta
ngayo tendinta njujuri dibata
berena sangap man banta

Syiar diatas mendoakan agar Tuhan mengabulkan segala doa yang baik dan diberi rejeki.

Salam mejuah-juah !!!

No comments:

Post a Comment