Berpikir positif dan sehat ala Islami


Bagaimana cara memahami sehat dan berpikir ala Islami? Sangat gampang sosodara. 

Caranya, kosongkan dulu pikiran anda, kemudian posisikan diri berpikir tenang dan limpahkan pikiran anda pada Islam, yang konteksnya pada sholat sebagai inti.

ISLAM...

I, sholat Isya (diantara 19.15 wib - 19.30 wib)
S, sholat subuh (diantara 04.15 wib - 04.30 wib)
L, sholat Dzuhur (diantara 12.00 wib - 12.30 wib)
A, sholat Azhar (diantara 15.00 wib - 15.30 wib)
M, sholat Magrib (diantara 18.15 wib - 18.30 wib)

Waktu diatas bukan sebagai ketepatan, tapi disesuaikan oleh tempat masing-masing melihat terbit dan tenggelamnya matahari (timur ke barat)

Nah, berpikir sehat dan positifnya dimana? Kita perhatikan mulai dari pagi hari, ketika bangun pagi kita langsung diajak bersyukur atas istirahat kita sepanjang malam dengan sholat subuh (antara 04.15 - 04.30) 

Seterusnya, setelah aktifitas sampai siang hari, kita diajak lagi untuk bersyukur pada sholat zhuhur (antara 12.00 - 12.30)

Perhatikan perbedaan jarak jamnya, antara subuh dan zuhur, ada waktu 8 jam aktifitas pikiran kita. Jadi sewajarna kita istirahatkan sementara dari hal-hal duniawi, dan diatur pikiran kita melalui sholat.

Seterusna, zhuhur ke waktu ashar, tentu ada waktu 3 sampai 4 jam. Ashar ke magrib jaraknya 3 jam, setelah itu magrib ke isya jarakna 1 jam.

Aktifitas besar pikiran kita sampai 8 jam, setelah itu perlahan berkurang 3 jam, 3 jam dan menjelang istirahat malam 1 jam kebersamaan dengan keluarga maka istirahat sepenuhna pikiran samapi waktu subuh ke esokan harinya.

Apakah pernah pikitan kita demikian menyangkut pola aturen kerna pikiran manusia ras perawatanna? Menurut saya kebanyakan tidak. Kenapa? Karena sifat pikiran keduniawian manusia itu sendiri.

Itulah salah satu hal sehat dan berpikir positif menyangkut pola pikir cara Islami.

Sibar em bas aku nari ustadz si la ngo kumesjid sodara-sodara....!!!

No comments:

Post a Comment