Kenapa kita BERMIMPI ???

Kenapa kita mimpi ? Kenapa mimpi manusia bisa mengangkang, sedih atau basah ? Dan kenapa sangat sulit untuk mengingatnya ?

Ada sebuah teori yang sangat terkenal yang dikemukakan oleh nini bulang SIGMUND FREUD pada tahun 1899. Dimana ia menyatakan bahwa mimpi kita itu adalah harapan-harapan yang terpendam dari diri kita. Termasuk di dalamnya mungkin kade-kade, nini bulang kita, rumah idaman kita, atau amarah terpendam kita sama orang lain. Dan mimpi pendeknya menurut nini bulang FREUD adalah cerminan  dari harapan-harapan kita yang belum bisa terwujudkan. 


Tapi kemudian pada tahun 1950-an, ketika teknologi canggih mulai berkembang, para peneliti pendeknya menemukan bahwa mimpi adalah efek samping dari proses otak kita yang sedang merajut memori. Singkatnya ketika kita tidur ternyata otak sedang merajut kejadian-kejadian dalam hidup kita yang terjadi dalam sehari, mejadi sebuah memori baru dalam otak kita. 

Mimpi itu sendiri adalah rangkaian memori "bocor" ke bagian otak kita yang lebih ringan. Dan itu terjadi secara alami dibawah alam bawah sadar kita. Akibatnya sering sekali mimpi kita itu gak masuk akal dan aneh .... ???


Lalu pertanyaan selanjutnya, kenapa mimpi kita itu sangat sulit untuk di ingat ? Itu terjadi karena pada saat kita bermimpi, memori jangka pendek kita terpisah dengan memori jangka panjang kita. Dan yang menangkap mimpi kita tersebut hanyalah bagian memori pendek kita. Itu sebabnya kenapa kita bisa mengingat sedikit mimpi kita saat kita bangun tapi kita nggak bisa ingat semuanya. 

Kemudian juga pada tahun 1894 penliti yang lain juga mengatakan bahwa mimpi itu susah diingat karena alurnya yang sering tidak berkaitan dalam satu masa tidur. Ya... seperti halnya Sinetron Indonesia yang alur ceritanya ribet dan gak beraturan. Itu yang membuat mimpi kita akhirnya makin susah diingat oleh memori jangka pendek kita. 


Akhirnya kurang lebih kita tau, kenapa kita bermimpi. Karena nyatanya bermimpi adalah hal yang sangat baik bagi kita. Seperti dapat meningkatkan daya ingat memori kita yang tentunya sangat berguna disaat kita lagi ujian. Lalu mimpi juga terbukti dapat meredam emosi kita, memperbaiki kesehatan mental kita dan bahkan terbukti dapat mengurangi stress kita secara keseluruhan.

Jadi setelah membaca tulisan ini anda makin terinspirasi buat bermimpi, tapi jangan terlalu lama tidur untuk bermimpi. Karena kehidupan nyatapun sama indahnya. 

Selamat mengerti mimpi, terima kasih !!!

No comments:

Post a Comment